Parman

Guru Fisika SMA Negeri 12 Bandung Jl Sekejati IV No. 36 Kiaracondong Bandung 40286 Email : Suparman_fisika@yahoo.co.id

Monday, October 17, 2005

Ujian Nasional Nilai Minimal 4,25 dan Rata-rata 4,50

JAKARTA--MIOL: Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan, ujian nasional (UN) mulai tahun 2006 akan dilaksanakan satu kali dalam setahun dengan nilai batas kelulusan minimal 4,25 dan rata-rata 4,50 untuk keseluruhan mata pelajaran yang diujikan.
"Kami sudah menerima usulan dari Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) mengenai standar nilai kelulusan Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2006 yakni rata-rata 4,5. Namun usulan tersebut masih dipertimbangkan dalam waktu dekat akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Menteri Diknas (Permendiknas)," katanya usai Bakti Sosial Dharma Wanita Depdiknas di Jakarta, Rabu (12/11).
Survei yang dilakukan BSNP menyebutkan aspirasi dari bawah yakni hampir 90% masyarakat menginginkan ujian nasional dilaksanakan cukup satu kali saja namun pengawasan dalam pelaksanaan UN diperketat untuk menghindari kebocoran soal. Ujian Nasional akan dilaksanakan Mei 2006," katanya.
Ia mengatakan, pemerintah berpendapat bahwa batas kelulusan ujian nasional untuk tahun depan adalah 4,25 persen namun secara bertahap setiap tahun dinaikkan dengan melihat kemampuan akademik peserta didik.
"Sedangkan nilai rata-rata mata pelajaran yang harus diraih setiap peserta didik adalah 4,5 sehingga kalau siswa misalnya hanya mencapai 4,25 di mata pelajaran A, maka di mata pelajaran lain siswa harus meraih nilai lebih tinggi sehingga rata-rata siswa bisa mencapai 4,5," katanya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home